Iklan

Minggu, 06 Januari 2013

Gaya Hidup Hemat Amankan Masa Depan

Hampir semua orang pasti mengalami kesulitan untuk melakukan pola hidup hemat. Kebanyakan dari mereka rencananya akan buyar, ketika tabungan hasil dari penghematan terpakai akibat tergoda dengan sesuatu yang menggiurkan di luar rencana.

Coba kita ingat-ingat, seberapa banyak uang yang Anda keluarkan setiap bulannya untuk keperluan yang bersifat tidak mendesak seperti belanja, hangout, gadget dan lain sebagainya. Dan coba Anda kalkulasikan pengeluaran tersebut, apabila pendapatan dan pengeluaran berada dititik yang tidak seimbang, lebih condong ke arah pengeluaran tidak penting tersebut, maka dapat di katakan Anda salah satu orang yang boros.

Idealnya pengeluaran sebagian besar dipakai untuk memenuhi kebutuhan primer saja, seperti, bagi Anda yang sudah berumah tangga, penghasilan Anda harus difokuskan pada pengeluaran belanja bahan makanan, membayar listrik, air, kebutuhan sekolah anak dan lain sebagainya, yang bersifat kebutuhan pokok. Karena ketika Anda tidak mampu mengontrol jiwa konsumtif Anda, akan berakibat fatal terhadap masalah keuangan di kemudian hari.

Jurus paling jitu untuk menangkal kesulitan finansial Anda adalah dengan cara hidup hemat. Dengan berhemat bukan berarti Anda membatasi semua pengeluaran termasuk untuk kebutuhan pokok juga. Namun dalam konsep hidup hemat, pengeluaran jadi lebih terasa teratur dan tepat guna.

Akan tetapi, pada kenyataannya masih ada orang yang sampai saat ini merasa kesulitan untuk menyisihkan penghasilannya. Padahal masih terngiang di benak kita tentang bagaimana orang tua kita dahulu mengajarkan untuk menabung. Tentunya bukan hanya sekedar pembelajaran saja, akan tetapi orang tua kita menginginkan memiliki sifat hemat yang tertanam di dalam diri kita sejak kecil.

Memiliki kebiasaan menabung sudah jelas sangat berguna untuk masa depan kita. Ada pepatah yang mengatakan "hemat pangkal kaya", yang memiliki arti semakin banyak uang yang ditabung, serta diperkuat dengan penerapan hidup sederhana, maka kelak kehidupan Anda akan terjamin.

Hidup hemat harus dimulai sejak dini. Dengan menabung dapat membuat seseorang tumbuh sebagai sosok yang penuh perencanaan, termasuk dalam hal keuangan. Dengan tabungan yang cukup, banyak sekali manfaat yang dapat Anda peroleh diantaranya seperti berikut ini.


1.Simpan untuk Dana Darurat
Hal ini penting untuk menutupi biaya tak terduga. Misalnya, biaya untuk perbaikan mobil yang tiba-tiba mogok di jalan atau biaya untuk berobat rumah sakit, dan masih banyak biaya yang tak terduga lainnya. Uang yang harus Anda simpan untuk dana darurat, idealnya berkisar tiga sampai enam bulan dari sebagian penghasilan Anda.

2.Dana Pendidikan
Jika Anda lulusan sarjana, biasanya Anda mempunyai keinginan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Untuk dapat mewujudkan keinginan Anda, maka harus menabungkan sebagian dari penghasilan untuk dana pendidikan Anda. Anda juga perlu mempertimbangkan dana pendidikan untuk anak Anda ketika saatnya tiba.

3.Simpan untuk Pensiun
Semakin cepat Anda mulai menabung untuk masa pensiun, semakin sedikit uang yang harus Anda simpan di masa depan. Sehingga Anda dapat menikmati masa-masa pensiun tanpa beban.(ima/R-2)


Menabung sebagai Sumber Kehidupan
Tidak diragukan lagi bahwa menabung memerlukan banyak tekad, usaha dan kemauan yang terus menerus. Selain bermanfaat, menabung juga memberikan efek psikologis yaitu rasa aman dalam menjalankan kehidupan kini yang selalu menuntut lebih. Pada kenyataannya kini menabung menjadi sebuah kendala yang cukup besar bagi kebanyakan orang, hidup di era yang serba canggih ini membuat hampir sebagian orang berekspektasi lebih untuk menggapai kehidupan yang lebih baik.

Faktor perkembangan zaman inilah, yang mempengaruhi pola fikir manusia yang sekaligus mempengaruhi gaya hidup yang segalanya serba berjalan mudah. Jadi apakah Anda membiarkan diri Anda terseret arus perubahan zaman ini? Jawabannya, tentu perubahan adalah hal yang wajar terjadi pada sebuah kehidupan, tinggal bagaimana kita dapat menyesuaikan dan memilah positif dan negatifnya dari efek perubahan tersebut.

Kembali lagi pada kegunaan menabung dalam kehidupan, mungkin sebagian dari Anda menganggap perkembangan zaman yang disertai tuntutan atas gaya hidup yang berkembang pesat inilah yang membuat Anda menjadi konsumtif. Sebenarnya tidak demikian konsep hidup sederhana Anda harus terus bergulir, karena hanya dengan cara inilah yang dapat menolong Anda di kehidupan yang penuh misteri ini.

Sebenarnya bagaimana cara menabung yang baik? Berikut tentang kiat-kiat menabung yang benar.


Do to Saving
1. Bentuk komitmen dan tanamkan dalam diri Anda, ini berguna untuk mengalahkan berbagai godaan yang mungkin hadir pada saat-saat tertentu. Tanpa adanya komitmen, maka tidak akan mungkin mampu menabung seberapa besar pun penghasilan. Tetapi kalau ada komitmen, maka menabung akan menjadi sesuatu yang mudah seperti bernapas dengan lega. Tidak ada paksaan dan tidak ada yang menghalangi.

2. Tentukan apa yang menjadi tujuan Anda dalam menabung. Dengan begitu anda memiliki target tertentu yang termotivasi untuk menabung setiap bulannya. "Kerap kali orang yang kesulitan untuk konsisten menabung setiap bulan karena mereka tak memiliki target yang jelas," ungkap Ligwina Poerwo Hananto, perencana keuangan.

"Target harus dibuat semenarik mungkin untuk memotivasi Anda. Misalnya, Anda menargetkan ingin punya mobil, liburan keluarga ke luar negeri, apa pun yang Anda sukai. Dengan begitu, Anda selalu bersemangat dan berkomitmen untuk terus menabung," tambahnya

3. Anda perlu mengubah perilaku, menabung bukan di akhir bulan dengan menggunakan dana yang tersisa. Menabung bukan menyisihkan uang hasil bekerja selama sebulan, namun menabung adalah mengalokasikan dana dari penghasilan di awal bulan. Artinya, Anda perlu mengambil sejumlah uang dengan komposisi 10-30 persen setiap bulannya setiap kali menerima gaji. Perilaku ini merupakan tindakan pencegahan dari kehabisan dana untuk tabungan.

4. Bedakan rekening pemasukan dan rekening tabungan untuk mengontrol keuangan setiap bulan. Jika menurut Anda merepotkan saat harus membagi uang dalam sejumlah rekening berbeda, Anda bisa menggunakan sistem amplop. Hindari penggunaan uang di luar rencana karena sangat mungkin terjadi uang di amplop Anda gunakan untuk kebutuhan lain yang tidak sesuai rencana.

Disiplin dan komitmen menjadi syarat utama menggunakan sistem amplop ini. Jika memilih bank sebagai tempat menabung, saat membuka rekening tabungan sebaiknya kenali persyaratannya. Pilih bank yang memudahkan dan paling menguntungkan Anda.

5. Berapa pun penghasilan Anda, besar atau kecil, kebiasaan menabung wajib dijalankan. Meski penghasilan di bawah rata-rata, tak ada alasan menunda kebiasaan menabung. Atur saja porsi tabungannya, ambil komposisi terendah yang disarankan perencana keuangan, yakni 10 persen. Jadi ketika Anda memiliki penghasilan tidak ada alasan untuk tidak menabung. Seiring bertambahnya penghasilan Anda, tingkatkan alokasi dana untuk menabung hingga 30 persen dari gaji bulanan.

Don’t to Saving
1. Anda tidak boleh mudah terbujuk rayunan sales kartu kredit. Semakin banyak Anda memiliki kartu kredit semakin besar pula peluang hutang yang dimiliki.

2. Bagi Anda yang sudah berkeluarga, tidak boleh memberikan uang jajan yang berlebihan pada anak Anda.

3. Anda tidak boleh mendewakan uang. Banyak orang menghabiskan waktunya hanya untuk mencari uang dengan mengorbankan dan melupakan keluarga mereka. (ima/R-2)

Sumber:

1 komentar:

  1. Manntapp banget idenya kk, biar bisa hemat belanjanya tipa minggu agar kantongnya gak cepat menipis... saya hobinya jalan" biar bisa ke luar negri uangnya, wkwkwk

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...