Iklan

Rabu, 04 Desember 2013

Kado Pernikahan



Meskipun sudah jarang yang memberikan kado untuk sebuah acara pernikahan, bukan berarti kita tidak boleh memberikan kado.  Memang saat ini yang diberikan para tamu atau undangan bukan berupa barang tetapi berupa uang.  Hal ini dilakukan dengan alasan kepraktisan.  Orang tidak perlu repot-repot lagi menyiapkan kado ketika harus datang ke acara resepsi pernikahan.
Namun jika yang menikah adalah orang yang istimewa, seperti teman dekat, tidak ada salahnya kita memberikan sesuatu untuk teman kita yang spesial di hari bahagianya.
Hendaknya kalau memberikan kado yang memiliki fungsi yang langsung bisa mereka pakai, seperti seprangkat sprei berikut bed covernya, atau seperangkat alat rumah tangga, sehingga kado yang kita berikan untuk mereka bisa langsung mereka gunakan, tanpa harus menyimpannya terlebih dahulu dalam waktu yang cukup lama.

Kado Pernikahan bagi Penganti Baru
Anda mungkin salah satu orang yang sering mendapat undangan pernikahan, entah itu dari saudara ataupun teman.  Anda pasti ikut merasa berbahagia begitu mendapat kabar gembira tentang rencana pernikahan tersebut.  Tapi Anda mungkin memikirkan kado pernikahan apa yang sebaiknya diberikan?
Masalah kado pernikahan memang sering membuat pusing.  Sebagai saudara atau teman yang baik, Anda pasti ingin memberikan kado pernikahan yang spesial dari bermanfaat bagi pengantin baru.

Tips Memilih Kado Pernikahan
Berikut ini adalah beberapa tips mudah dalam menentukan kado pernikahan apa yang akan Anda berikan pada pasangan pengantin.
·         Anda harus mengenal si pengantin itu sendiri dengan baik.  Yand dimaksud mengenal adalah Anda harus tahu barang-barang apa saja yang disukai olehnya.  Apakah dia suka memasak, warna apa yang menjadi favoritnya, dan lain-lain.
·         Pilihlah kado pernikahan yang sekiranya benar-benar dibutuhkan atau yang sering dimanfaatkan oleh pengantin baru.
·         Pilihlah kado pernikahan dengan kualitas yang baik.

Memilih Kado Pernikahan
Berikut ini adalah beberapa contoh barang yang mungkin bisa Anda gunakan sebagai kado pernikahan:

·         Peralatan dapur
Si pengantin suka memasak? Kalau begitu Anda tidak perlu pusing untuk memilih kado pernikahan.  Berikan kado yang berhubungan erat dengan dunia dapur.
Anda bisa memberikan satu set alat masak, blender, alat pembuat kopi, pemanggang roti, kompor, atau mungkin dispenser.  Barang-barang ini tentu sangant bermanfaat bagi pengantin yang baru menikah.

·         Peralatan makan
Selain peralatan dapur, Anda juga bisa memilih perlengkapan untuk makan sebagai kado pernikahan.  Misalnya, satu set piring atau cangkir dengan corak unik, teko air atau satu sept toples kue.

·         Peralatan tidur
Selain peralatan dapur, Anda juga bisa memilih perlengkapan untuk makan sebagai kado pernikahan.  Misalnya, selimut sprei kasur atau bed cover, dan juga baju tidur.

·         Benda hobi
Yang dimaksud dengan benda hobi adalah barang-barang yang sesuai dengan hobi pengantin.  Misalnya, alat musik (diseuaikan dengan alat musik apa yang mahir dimainkan oleh si pengantin), perlalatan melukis, satu set alata kecantikan (misal kosmetik, hair dryer, catok rambut), atau kado berupa alat olah raga bila pengantin hobi berolahraga.

·         Benda yang diimpikan pengantin
Maksudnya adalah barang yang sudah lama diingikan oleh si pengantin tapi sampai ia menkah, ia belum memiliki benda tersebut.
Untuk itu, Anda harus bertanya lebih dulu pada orang-orang terdekat pengantin atau bertanya langsung apda pengantinnya secara samar (jangan katakan kalau benda itu sebagai kado pernikahan)

·         Barang kenangan
Kado yang satu ini berupa macam-macam.  Disebut barang kenangan karena memang kado ini berupa barang yang akan selalu mengingatkan si pengantin akan masa lalunya.
Anda bisa  memberikan album foto yang berisi foto=foto semasa Anda dan si pengantin sedang kuliah, atau memberikan album foto yang sudah di desain untuk menggambarkan kehidupan pasangan pengantin (untuk yang satu ini Anda harus kerja keras untuk mendapatkan foto-foto pasangan pengantin sebelum mereka menikah).
Selain album foto, Anda bisa membuat film pendek/dokumenter, bisa berisi kisah kehidupan sang pengantin dengan mewawancarai orang-orang terdekat.  Bisa juga mengumpulkan semua teman-teman pengantin dan merekam mereka semua saat memberikan ucapan selamat pernikahan.  Semuanya sangat tergantung dari kreativitas Anda.

Itu adalah beberapa tips dan barang apa saja yang sekiranya cocok untuk dijadikan kado pernikahan. Sekarang Anda tidak perlu bingung memilih kado pernikahan!


Memilih Kado Pernikahan Sesuai Hobi
Sebagian pasangan yang menikah cenderung memiliki kesamaan hobi.  Bahkan, hobi itulah yang mempertemukan mereka sehingga mereka memutuskan untuk mengikat diri dalam tali pernikahan.  Jika Anda tengah mencarai kado pernikahan.  Anda dapat mencari informasi, apakah pasangan tersebut memiliki hoib yang sama?  Jika mereka punya hobi sama, Anda dapat memilih kado pernikahan berdasarkan hobi mereka.

Beragam Kado Pernikahan Berdasarkan Hobi
Kado pernikahan pasangan yang memiliki hobi yang sama, idealnya dapat dipakai bersama oleh pasangan tersebut.  Berikut ini beberapa kado pernikahan yang dapat Anda pertimbangkan.
Pertimbangkan.
1.       Buku-Buku Tentang Pernikahan
Kado ini cocok untuk pasangan yang suka membaca.  Anda dapat memilih novel-novel tentang lika-liku kehidupan pasangan yang hendak menuju pelaminan atau riak-riak kehidupan rumah tangga.  Buku nonfiksi seperti tuntunan ibadah bagi pengantin baru juga cocok bagi mereka yang baru menikah.
Mungkin terbesit ide nakal di pikiran Anda untuk memberikan buku tentang panduan menghadapi malam pertema.  Namun, kado buku seperti itu agak kurang tepat jika diberikan pada saat resepsi.  Kado seperti itu cocok diberikan beberapa minggu sebelum menikah, sebab pengantin baru biasanya membuka kado beberapa hari setelah hari pernikahan mereka.
2.       CD/ DVD Lagu Romantis
Musik-musik lembut, msuk instrumentalia dapat Anda jadikan kado untuk pernikahan. Musik dapat diugnakan oleh pasangan yang baru menikah sebagai latar suara ketika mereka sedang berbicara dari hati ke hati.  Msuk yang lembut dapat membuat pasangan pengantin baru hanyut dalam asamara sehingga cinta mereka semakin tumbuh subur di awal perjalanan mengarungi rumah tangga.
3.       Film-Film Cinta
Beberapa film cinta Indonesia, seperti Ayat-Ayat Cinta, Ketika Cinta Bertasbih, Love dan lainnya dapat Anda jadikan paket kado untuk pernikahan.  Bisa jadi pasangan tersebut sudah pernah menonton film itu.  Namun, dengan memberikan kado CD/ DVD film cinta, mereka dapat membuat pengalaman baru menonton film cinta sambil berduaan saja sehingga tercipta hubungan yang lebih erat di antara keduanya.
4.       Alat Masak
Wajan, panci, alat pemasak nasi mixer, blender, serta berbagai perlengkapan masak dan perabotan makan dapat Anda hadiahkan sebagai kado pernikahan pasangan yang hobi memasak.  Anda dapat menambahkan buku resep masakan khusus pengantin baru.  Kalaupun pasangan bukan penggila masak-memasak, hadiah alat masak membuka peluang bagi pengantin baru untuk memasak hidangan candle light dinner sendiri.
5.       Tiket Perjalanan Wisata
Jika Anda ingin memanjakan pengantin baru di tempat yang romantis, tiket perjalanan wisata dapat Anda beriakn pada keduanya.  Mintalah bantuan agen perjalanan untuk memilih tempat wisata bagi pengantin baru.  Biasanya agen perjalanan telah menyiapkan paket pulang-pergi serta akomodasi untuk berbulan madu.  Siapa tahu, agen perjalanan tengah mengadakan promosi sehingga Anda mendapat potongan harga.
6.       Perlengkapan Backpacker
Tenda, ransel, jaket, dan berbagai aksesoris untuk perjalanan ala backpaker.  Kado ini tepat bagi mereka yang suka petualangan atauperjalanan wisata yang tidak biasa.  Hadiah ini juga dapat memberi ide bagi pengantin baru untuk bertualang di alam bebas sambil mengenal lebih dalam satu sama lain.

Masih banyak hadiah lain yang dapat Anda jadikan kado pernikahan.  Sesuai dengan anggaran dana Anda.  Kado tidak perlu mahal, namun yang penting dapat mendekatkan pengantin baru dan menambah rasa sayang pada pasangan yang tengah dimabuk asmara tersebut. - Anne Ahira

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...