Iklan

Senin, 04 Juni 2012

Tips & Trik Menjalani Hubungan Jarak Jauh

Terpisah jarak, ruang, dan waktu, mungkin menjadi ujian cinta terberat bagi sepasang kekasih. Tips & Trik dalam menjalani hubungan jarak jauh ini saya ambil dari buku "Long Distance Love" (imazahara, dkk)..
1. Saling percaya adalah kunci utama awatnya sebuah LDL (Long Distance Love).

2. Tetapkan jadwal untuk menghabiskan waktu bersama! Walau dilakukan secara virtual sekalipun.

3. Tetapkan berapa kali Anda dan pasangan akan bertemu secara fisik dalam waktu yang memungkinkan untuk bertemu. Dan tepatilan 'perjanjian' itu.

4. Orang selalu mengatakan, LDL adalah sebuah hubungan yang rumit, tidak masuk akal dan sulit untuk dijalani. Namun kita seringkali lupa:
Bahwa setiap pasangan memiliki kesulitannya masing-masing, bahkan tanpa harus menjali LDL sekalipun. Jadi tetaplah percaya diri dengna kemampuan kita mengelola LDL yang sedang kita jalani.

5. Jadikan telepon, email, Yahoo, Messenger, Skype, Facebook, Twitter, dan lain-lainnya sebagai penguat hubungan jarak jauh kita.

6. Ada kecenderungan, di saat sangat lelah dan malas, pasangna LDL memilh untuk tidak membicarakan hal-hal serius yang mengganjal dihatinya.  Hal seperti ini tidak sehat dan kurang baik jika dilakukan oleh pasangan LDL, karena sekesal apapun pasangan kita, kita tidak bisa melihat bahasa tubuhnya yang ingin curhat, sebagaimana pasangan yang tinggal serumah yang bisa segera membaca bahasa tubuh pasangannya dan langsung merespon.  Jika komunikasi yang buruk in iterus berlangsung, hubungan LDL akan sulit bertahan dalam waktu yang lama.

7. Sepanjang perjalanan LDL kami, satu hal yang sangat penting adalah: selalu mendukung pilihan-pilihan hidup pasangan kita, sejauh apapun dia dari kita.

8. Belajrlah untuk menjadi pasangan yang artikulatif.  Berarti mampu menyampaikan perasaan dan seluruh emosi yang kita rasakan ke pasangan kita.

9. Usahakan untuk memiliki beberapa kesamaan minat.  Dengan demikian kita bisa memiliki bahan perbincangan yang senada dan seirama dalam beberapa hal tersebut, agar nyambung dalam pembicaraan kita.

10. Belajar untuk benar-benar menjadi pendengar sejati bagi pasangannya.

11.  Sering-seringlah tertawa bersama, baik secara virtual (lewat email, YM, telepon, Skype, FB, Twitter, dan media komunikasi lainnya) ataupun saat bersama.  Bahkan kalau perlu, saat sedang marah sekalipun, usahakan untuk tetap bisa menertawakan kemarahan.



Selain itu, ada bebarapa hal yang bisa menghangatkan api cinta pasangan LDL:
a. Saling berkirim surat lwwat pos! Ide ini memanglebih rumit dan bertele-tele, belum lagi waktu yang dibutuhkan untuk menunggu datangnya surat samapi ke pangkuan kita.  Tapi sungguh, ketika surat dari belahan jiwa samapi dan mulai kita baca, rasanya dunia menjadi milik berdua, hehehe...

b. Saling berkirim hadian-hadiah kecil tanpa memberitahukan sebelumnya, mesiki tidak pada saat spesial pasangan kita, misalnya ulang tahun.  Intinya, memberi untuk menciptkan surprise.

c. Gunakan e-mail sepuasnya.  E-mail menjadi sarana yang lebih relevan untuk menceritakan hal-hal kecil yang ingin kita bagi ke pasangan kita daripada lewat blog, facebook, dll, karena fasilitas e-mail lebih sederhana dan tidak terlalu rumit.
Gunakan e-mail untuk mengirimkan hal-hal apa saja.  Hal ini kita lakukan untuk tetap saling mengetahui perkembangan pemikiran, rasa dan minat pasangan kita terhadap sesuatu.  Jangan bersikap antipati terhadap apaun yang dikirimkan oleh pasangan kita.  Jangna mduah tersinggung terhadap apapun yang dikirimkan pasangan kita, meski misalnya kita tidak menyukai link, berita, feature, tulisan, atau info apapun yang dikrimkan pasangan kita.  Dari sana kita akan tahu, siapa pasangan kita sebenarnya..

Mozaik kehidupan seperti apa yang kau jalani sekarang
Saat aku tak disisimu, sayang?

Love f..

1 komentar:

  1. Salah satu langkah yang harus dilakukan untuk mengelola hubungan jarak jauh ialah saling berkomunikasi

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...